IKEA-relawan Bali adakan “River Clean Up” untuk kurangi sampah plastik

Badung (CakrawalaRafflesia) – IKEA Indonesia bersama Komunitas Sungai Watch dan relawan lingkungan mengadakan aksi “river clean up” yaitu pembersihan sungai di Desa Jimbaran, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, untuk mengurangi jumlah sampah plastik pada aliran sungai dan melindungi sungai sebagai upaya mengantisipasi risiko bencana.

“Aktivitas river clean up yang kami lakukan hari ini adalah bentuk nyata dari langkah kecil kami untuk mendukung lingkungan yang berkelanjutan,” kata Country Marketing Manager IKEA Indonesia Dyah Fitrisally di sela aktivitas pembersihan sungai di Jimbaran, Sabtu.

Ia menambahkan sampah plastik yang ada di sungai akan berdampak buruk pada laut, maka dari itu pihaknya memilih untuk membersihkan sungai yang merupakan jalur utama sampah plastik sebelum menuju ke laut.

Baca juga: DLH: 8.000 ton sampah penuhi Bantar Gebang per hari

Kegiatan pembersihan sungai yang memiliki fokus utama untuk mengurangi sampah plastik di sungai itu berhasil mengumpulkan 657 kilogram sampah.

Sampah yang terkumpul nantinya akan dipilah untuk dijadikan barang-barang yang bisa digunakan kembali.

Komunitas Sungai Watch menyambut baik adanya inisiatif serta komitmen dari IKEA Indonesia dalam upaya kepedulian lingkungan perairan di Indonesia.

“Melakukan kegiatan bersih-bersih sungai merupakan hal yang memiliki banyak pengaruh baik kepada lingkungan dan daerah yang berada di sekitar sungai,” kata Co-Founder Sungai Watch, Kelly Bencheghib.

Ia menjelaskan kegiatan ini dapat ikut menjaga kebersihan laut karena telah mencegah sampah di sungai mengalir ke laut.

Atlet Peselancar Internasional Indonesia Dhea Natasya yang merupakan peraih medali emas SEA Games 2019 itu turut memberikan kontribusi dalam membersihkan sungai di kawasan Desa Jimbaran.

“Saya senang dapat menjadi bagian dari aktivitas di mana saya bisa berbuat baik untuk bumi dan lingkungan secara langsung,” katanya

Baca Juga :  Anak Krakatau ke level siaga, BMKG minta waspadai potensi tsunami

Ia mengaku percaya aktivitas hari ini akan memberi pengaruh baik untuk masyarakat, khususnya teman-teman peselancar sehingga bisa melakukan aktivitas surfing dengan keadaan laut yang lebih bersih.

Melalui kegiatan ini bertujuan menginspirasi banyak orang untuk mulai mengadaptasi hidup berkelanjutan melalui langkah kecil seperti bersih-bersih sampah plastik.

Kegiatan river clean up tersebut juga merupakan rangkaian peluncuran produk KÅSEBERGA yang terbuat dari bahan ramah lingkungan dan terbarukan dengan desain fungsional untuk menunjang gaya hidup aktif masyarakat yang sadar akan hidup berkelanjutan.

Baca juga: Wakil Bupati Buleleng imbau masyarakat kelola sampah berbasis sumber

Baca juga: Lembaga peduli lingkungan dorong kolaborasi pengelolaan sampah plastik

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf/Nyoman Hendra
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © CakrawalaRafflesia 2022

Tinggalkan komentar